Pangdam I/BB : Masjid Harus Menjadi Pusat Peradaban, Syi\'ar dan Kebangkitan Perekonomian Islam

By BMN 29 Agu 2022, 14:20:01 WIB Dunia Islam
Pangdam I/BB : Masjid Harus Menjadi Pusat Peradaban, Syi\

Barometermedan |

Medan - Masjid tidak hanya menjadi tempat sarana tempat ibadah bagi umat muslim, namun lebih dari itu, Masjid harus bisa menjadi pusat peradaban, syi'ar dan kebangkitan perekonomian Islam yang syar'iah. 


Baca Lainnya :

Hal ini disampaikan Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE MSi, usai melaksanakan Sholat Subuh berjama'ah yang ke 13 di Masjid Raya Al-Huda, Labuhan Deli, Minggu (28/8/2022).


Menurut Pangdam bahwa pelaksanaan kegiatan safari subuh berjama'ah tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap minggu, bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan membangun Ukhuwah Islam di antara sesama Muslim dan warga masyarakat di Sumut. 


Seperti diketahui, dalam kegiatan Safari Subuh di Mesjid, ada yang unggul di bidang ekonomi syariah, sosial kemasyarakatan hingga program kesehatan Orang Masjid Jalan Kaki usai Sholat Subuh, Omjakiss, jelas Pangdam. 


"Inilah semangat yang harus dibangun dan selaku Pangdam akan melakukan terobosan agar Umat Islam bangkit, membangun peradaban dan perekonomian yang lebih peka dan peduli terhadap kondisi warga masyarakat di sekitarnya," tegas Pangdam I/BB.


Untuk itu, Pangdam juga mengajak kepada para jemaah Sholat Subuh agar senantiasa bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan, baik itu rezeki, kenikmatan hidup, kesehatan dengan memperbanyak sholat dan beramal Sholeh.


Sebelumnya, Kabintaljarahdam I/BB Kol. Arh Toto Raharjo menambahkan bahwa saat ini Pangdam I/BB melalui jajarannya akan terus mengembangkan beras organik yang sehat dan berkualitas serta membagikan kepada warga masyarakat yang membutuhkannya, 


"Semoga program ketahanan Pangan Nasional, yang digagas Pangdam I/BB dalam menciptakan Petani Unggul, Rakyat Makmur bisa tercapai dengan baik", pungkas Kol. Arh Toto Raharjo. 


Dalam kegiatan Sholat Subuh ini juga ada Tausiah Kepala Seksi Pembinaan Rohani Islam, Ustadz Mayor Inf. Jalaluddin Dalimunthe mengatakan bahwa kunci hidup bahagia dunia akhirat bagi umat muslim adalah dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui Tuntunan Nabi Muhammad SAW. 


Sementara itu, H. Sumantri selaku BKM Masjid Raya Al-Huda menyambut rombongan Pangdam I/BB dan berterima kasih karena sudah memilih masjid tersebut untuk dijadikan lokasi safari.


“Terimakasih kepada Bapak Pangdam I Bukit Barisan dan tim safari subuh Arafah Sumut yang sudah memilih masjid Al-Huda sebagai lokasi kunjungan kali ini. Doa terbaik buat Pangdam I/BB agar selalu diberikan kesehatan agar agenda safari subuh ini dapat berjalan lancar, ” tutur Sumantri.


Ucapan yang sama juga disampaikan Camat Labuhan Deli, Edi Siregar bahwa pihaknya mengapresiasinya kunjungan Sholat Subuh berjama'ah bersama Pangdam Bukit Barisan dan Tim Safari Subuh Arafah di Kecamatan Labuhan Deli. 


"Semoga Kunjungan Pangdam I Bukit Barisan  bersama Tim Safari Subuh Arafah menjadi rahmat bagi kita semua, " Sebut Edi. 


Di hari yang sama, Camat Labuhan Deli, Edi Siregar mengundang Pangdam untuk dapat melihat kegiatan UMKM warga masyarakat Labuhan Deli, saat ini sudah masuk dalam seleksi UMKM terbaik tingkat Sumatera Utara. 


Selesai kegiatan safari subuh, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengunjungi Pojok UMKM binaan pihak Kecamatan Labuhan Deli dan bertemu dengan tokoh lintas agama Kecamatan Labuhan Deli. 


Turut Hadir pada kegiatan ini, Brigjen TNI Faisal, Kabintaldam I/BB Kolonel Arh Toto Raharjo, Kabasarnas Sumut Budiono, Koordinator Safari Subuh Arafah Sumut M. Iqbal Parinduri, Pengurus Safari Subuh Arafah, Adami Perangin-angin, Hendra Pulungan, Edowardo Ritonga, Fauzi, Joharis Lubis, Zul Irfan Lubis, pengurus Safari Subuh Arafah Aceh Hamdan Saleh, Pengurus BKM Masjid Raya Al Huda Pasar V Helvetia, Kapolsek Labuhan Deli dan Danramil serta para jemaah Subuh lainnya. (PM11)


Sumber : Bintaljarahdam I/BB




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment