Ratusan Santri Ikuti Lomba MTQ dan MQK di Kodim 0710/Pekalongan

By BMN 24 Mar 2022, 13:02:20 WIB Dunia Islam
Ratusan Santri Ikuti Lomba MTQ dan MQK di Kodim 0710/Pekalongan

Barometermedan |


Kota Pekalongan – Sebanyak 228 peserta mengikuti lomba Musabaqah Tilawah Quran (MTQ) dan Musabaqah Qiraatil Kutub yang di selenggarakan oleh Kodim 0710/Pekalongan bertempat di Aula Serbaguna Makodim setempat, Rabu (23/3/22).

Dari 228 peserta yang mengikuti lomba terbagi menjadi beberapa kategori yaitu Kategori  MTQ putra ada 49, Putri 75 peserta, sedangkan kategori MQK putra sebanyak 54 dan putri 50 peserta.

Kegiatan perlombaan tersebut digelar guna menyambut dan menyemarakan Ramadhan 1443 H tahun 2022 serta menciptakan generasi muda islam yang religius dan berkualitas.

Adapun perlombaan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 23 s.d 25 maret tahun 2022, dengan peserta untuk lomba MTQ adalah perwakilan TPQ atau Madin Se-Kota dan Kabupaten Pekalongan sedangkan lomba MQK peserta dari umum atau ponpes Se-Kota dan Kabupaten Pekalongan.

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan, S.I.P usai membuka perlombaan menjelaskan, kegiatan digelar untuk menyambut dan menyemarakan bulan Ramadhan 1443 H sebagai salah satu media untuk menyebarkan syiar islam khususnya di wilayah Kota maupun Kabupaten Pekalongan.

“ Perlombaan MTQ dan MQK ini kita laksanakan dalam rangka menyemarakan dan menyambut bulan Ramadhan 1443 H, adapun pesertanya dari para santri Kota dan Kabupaten Pekalongan”,jelas Dandim.

Dandim juga berharap melalui kegiatan yang dilaksanakan tersebut akan muncul bibit-bibit baru sebagai generasi muda yang ahli kitab dan ahli qur’an yang bisa mewakili Kota maupun Kabupaten Pekalongan dalam perlombaan di kancah nasional dan internasional.

Sementara itu salah satu peserta, Muhammad Kaesar Ziat Karomi (12) tahun, perwakilan dari MSI Nurul Islam Krapyak Kota Pekalongan mengaku, untuk mengikuti lomba yang dilaksanakan dirinya mempersiapkan secara khusus selama 1 minggu dan bertekad menjadi yang terbaik dalam ajang perlombaan yang diikuti tersebut.
 
“ Untuk mengikuti perlombaan ini, saya mempersiapkan diri selama 1 minggu, dan ini adalah perlombaan yang baru pertama kali saya ikuti jadi ya agak grogi, mudah-mudahan bisa menjadi yang terbaik”,tandasnya.
 
Diketahui dalam perlombaan yang digelar kali ini, Kodim 0710/Pekalongan selain memberikan hadiah berupa piagam penghargaan juga uang pembinaan, untuk juara 1 mendapat hadiah uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah, juara 2, 4 juta rupiah, juara 3, 3 juta rupiah, juara harapan 1 3 juta rupiah, juara harapan 2, 1,5 juta rupiah dan juara harapan 3 sebanyak 1 juta rupiah. (Rus)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment