WKI SIMALUNGUN Minta Hukuman IRIADI ALIAS AYEB Ditangguhkan.

By BMN 28 Apr 2022, 05:51:51 WIB Daerah
WKI SIMALUNGUN Minta Hukuman IRIADI ALIAS AYEB Ditangguhkan.

BAROMETERMEDAN |


SIMALUNGUN - Ketua Wira karya Indonesia (WKI) di Kab. Simalungun, Burhan Damanik,SH mendesak pihak PTPN IV KEBUN kebun unit LARAS,  Simalungun Propinsi Sumut bersikap arif dengan segera menghentikan kasus pencurian tiga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang diduga dilakukan IRIADI alias Ayeb, Bapak dari tiga anak di Nagori Gajing Jaya Kec. Gunung maligas Kab. Simalungun propinsi Sumut.


Baca Lainnya :

Kasus pencurian dengan terduga Ayeb saat ini ditangani pihak Polres Simalungun, seharusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak berat sebelah dalam menangani kasus tersebut.

"Polres Simalungun harus melihat konteks dan makna keadilan. Meski demikian, keadilan harus ditegakkan. Tapi sebelum itu, harus ada kearifan membaca konteks," kata Burhan Damanik kepada wartawan, di Kecamatan Siantar, Rabu (27/04/2022).

Pimpinan PEMUDA LIRA Simalungun  itu berpendapat Aparat penegak hukum di Kab. Simalungun  juga hendaknya melihat apakah ada ketimpangan ekonomi di sekitar perusahaan (PTPN IV) akibat pencurian tiga TBS Sawit tersebut.

"Jika ada ketimpangan ekonomi, PTPN IV dan pemerintah wajib hukumnya memberdayakan dan membantu. Jangan sampai keberadaan perusahaan menyengsarakan warga sekitarnya," sebut Burhan Damanik pegiat sosial Simalungun.

Burhan  menambahkan Ayeb dianggap bersalah karena mencuri tiga TBS Sawit dan dipidana penjara, juga harusnya dihentikan. Sebab dari informasi yang diperolehnya, Ayeb diduga mencuri karena terdesak ekonomi di saat pandemi, MENJELANG LEBARAN TAHUN 2022. Ayeb duda memiliki 3 orang anak untuk membahagiakan anaknya di Hari lebaran 2022 ini.

"Kepada Polisi, Ayeb mengaku terpaksa mencuri. Info dari Wartawan , barang bukti tiga TBS sawit seberat 85 kg telah diserahkan ke PTPN IV dan pelaku beralibi mencuri karena faktor ekonomi " katanya.

Ketua Wira Karya Indonesia kab.Simalunyun, menegaskan apabila Ayeb mencuri karena faktor ekonomi, apalagi terdampak Covid-19, maka perlu dipikirkan adanya penangguhan hukuman atau keringanan.(Putra Seanconnery Sembiring)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment